Cara Instal Windows 10

Tutorial LengkapCaraInstallWindows 10 | Windows 10 adalah sistem operasi paling baru yang dikeluarkan oleh Microsoft yang memiliki user interface paling menarik, intuitif dan menawarkan aplikasi yang menjawab kebutuhan masa kini. Tampilan windows 10 merupakan kombinasi antara windows 7 dan windows 8, mengedepankan kesederhaan, mudah digunakan, namun dengan sentuhan kekinian.

Windows 10 juga merupakan versi windows yang paling stabil, aman yang memang menjadi fokus utama bagi para pengembang. Di sistem operasi ini terdapat fitur-fitur seperti Microsoft edge, asisten virtual bernama cortana, keamanan windows defender yang lebih kuat dan beberapa aplikasi lainnya yang powerful.

Maka dari itu, Jika hardware yang Anda gunakan memang mendukung, sebaiknya Anda melakukan upgrade ke windows 10 untuk pengoperasian computer atau laptop yang lebih maksimal. Proses instalasi windows 10 ini sangat mudah dan bagi Anda yang sebelumnya menggunakan windows 8, proses instalasinya sangat mirip. Tetapi untuk mengantisipasi kesalahan di kesempatan ini, kami akan memberikan panduan cara installWindows 10 secara lengkap dan bertahap.

Untuk melakukan instalasi windows 10, Anda harus menyiapkan beberapa hal berikut:

  • DVD installer windows 10
  • Sebelum instalasi, setting boot device priority pada menu BIOS
  • Siapkan charger bagi yang menggunakan laptop

Bagian pertama, cara setting BIOS:

Anda harus melakukan setting BIOS karena booting yang dilakukan pertama kali melalui DVD (default dari computer ataupun laptop adalah HDD), caranya adalah sebagai berikut:

  1. Restart atau nyalakan laptop/computer, tekan tombol delete berulang-ulang sampai tampilan BIOS muncul ( perlu diperahtikan tidak semua computer atau laptop menggunakan tombol delete untuk masuk ke menu BIOS, ada yang menggunakan f1, f2, fn+f2 , konfigurasi tombol teragantung manufaktur yang mengaturnya)
  2. Lanjut ke tab boot menggunakan tombol kanan atau kiri.
  3. Anda dapat melihat hard drive (HDD) berada pada urutan paling atas, hal ini menunjukan jika booting dilakukan pertama kali melalui melalui hard drive
  4. Karena Anda ingin booting melalui DVD, pada bagian CD-ROM Drive pilih dan geser menggunakan tombol +/- sampai bagian CD-ROM Drive berada pada urutan teratas.
  5. Jangan sampai lupa memasukan DVD installer windows 10 ke DVDROM, kemudian Anda dapat menyimpan hasil settingan BIOS menggunakan F10 dan pilih Yes

Jika Anda sudah mengatur settingan BIOS, dapat dimulai instalasi windows 10 dengan langkah-langkah berikut:

  1. Untuk memulai instalasi Windows 10, Anda dapat menekan tombol apapun yang ada di keyboard. Perlu diperhatikan jika Anda dihadapkan pada layar hitam dengan tulisan press any key to boot from CD or DVD, jangan tekan tombol apapun karena proses instalasi akan dikembalikan dari awal

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  2. Pada bagian language to install dan keyboard or input method biarkan saja tidak usah dirubah, pada bagian time and currency format pilih Indonesian (Indonesia), klik next

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  3. Anda akan diarahkan ke windows baru bertuliskan windows setup, pada bagian install now Anda dapat klik

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  4. Klik bagian I accept, dan next

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  5. Kemudian Anda akan diarahkan ke tipe instalasi yang diinginkan, pilih bagian custom: install windows only (advanced)
    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10

  6. Pada tahap ini, jika Anda ingin install ulang ataupun upgrade/downgrade dari windows versi lama ke windows 1 Delete drive 0 partition 2 (partisi C) dan drive 0 partition 1: system reserved, saat dihapus kedua partisi tersebut akan menjadi unallocated space atau belum terpartisi

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  7. Buat partisi baru sesuai dengan keinginan Anda, kemudian jadikan drive 0 partition 2 sebagai lokasi instalasi, klik next ( dengan dilakukan pembuatan partisi baru, data-data dari partisi lain akan tetap aman dan tidak terhapus)

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  8. Pilih bagian drive 0 unallocated space > New, pada bagian size pilih berapa ukuran partisi yang diinginkan sesuai dengan yang Anda inginkan ( usahakan ukurannya jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil), partisi ini untuk partisi system ( partisi system)

    Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10
  9. Anda klik apply, dan akan muncul winodws baru, pilih ok sebagai langkah pembuatan partisi system
  • Anda dapat membuat partisi lain sesuai dengan yang Anda inginkan ( drive 0 unallocated space > new, pilih size, apply)
  • Pada bagian drive 0 partition 2 yang berada dibawah drive 0 partition 1: system reserved, pilih drive tersebut sebagai lokasi instalasi dan klik next
  • Dengan Anda klik next, maka proses panduan Cara install windows 10sedang berjalan (proses ini akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit, Anda tidak perlu khawatir computer atau laptop melakukan restart sendiri karena hal itu normal dan merupakan bagian dari proses instalasi windows 10
  • Saat proses instalasi selesai, Anda akan diberi perintah untuk memasukan kode product windows 10, masukan kode produk tersebut. Langkah ini tidak harus dilakukan sekarang, jika Anda tidak ingin atau memang tidak mempunyai kode dapat memilih Do this later untuk melewati bagian ini.
  • Pada tahap baru, Anda dapat melihat bagian bawah kanan pada kolom use express settings, klik kolom tersebut
  • Anda akan ditanyakan mengenai kepemilikan PC ini, Pilih opsi I own it, dan klik next
  • Kemudian Anda akan diberi arahan untuk mengisi akun Microsoft, jika Anda melakukannya windows 10 akan melakukan sinkronisasi dan pemberitahuan rutin seputar akun Anda. Jika Anda tidak punya atau ingin melakukannya nanti, dapat memilih skip this step.
  • Masukan nama PC yang diinginkan, dan jika Anda ingin melindungi privasi dan keamanan PC atau laptop Anda, jangan lupa memasukan password, konfirmasi password, dan password hint sebagai antisipasi jika Anda lupa password (isikan dengan hal yang dapat mengingatkan Anda pada password), klik next
  • Kemudian akan dilakukan proses konfigurasi berdasarkan data-data yang Anda input sebelumnya, tunggu sampai proses konfigurasi selesai karena tidak akan memakan waktu yang lama.
  • Anda akan langsung mengarah ke desktop windows 10 jika Anda sudah berhasil melakukan install windows 10.

jika proses install windows 10 sudah selesai, Anda mungkin tidak bisa melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan seperti biasa seperti menonton video, mendengarkan lagu, dan lain-lain.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan setelah menginstall Windows 10, antara lain:

  1. Install anti virus yang menurut Anda paling kuat, lakukan update dan aktifkan pemindai malware online.
  2. Pasang browser alternatif selain Microsoft Edge, misalnya Firefox atau Chrome.
  3. Aktifkan firewall, kemudian buat jadwal scan otomatis di Windows Defender.
  4. Buat user untuk masing-masing anggota keluarga, tujuannya agar data masing-masing dari pengguna terlindungi kerahasiannya.