Samsung Galaxy S10, S10+ & S10e Harga & Spesifikasi

Spesifikasi Samsung Galaxy S10 yang Fenomenal: Apakah Layak Disebut Ponsel Android Terbaik?Kemunculan ponsel pintar terbaru besutan Samsung Galaksi S10 telah ditunggu oleh banyak kalangan. Terlebih lagi diciptakannya ponsel ini sebagai penanda satu dekade kiprah seri Galaxy. Tidak mengherankan apabila para pencinta gawai bertanya-tanya, seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy S10 ini?

Ada tiga tipe Galaxy S10 yang dibuat oleh Samsung, yaitu: Galaxy S10 Plus, Galaxy S10, dan Galaxy S10e. tipe paling premium dari ketiga varian tersebut adalah S10 Plus. Banyak pengamat teknologi membandingkan kecanggihan Galaxy S10 dengan kompetitor lain di kelasnya.

Apakah ponsel ini memang layak untuk ditunggu dan mendapat predikat ponsel Android terbaik saat ini?

Tampilan

Tampilan mewah dan berkelas Galaxy S10 ini semakin dipercantik dengan layar Dynamic AMOLED yang superior. Ketiga tipenya juga memiliki desain bezel yang lebih tipis. Ukuran dari Galaxy S10 adalah 6,1 inch sedangkan S10 Plus sedikit lebih besar yaitu 6,4 inch.

Dimensi Galaxy S10 adalah 149,9 mm x 70,4 mm x 7,8 mm. sedangkan Galaxy S10 Plus 157,6 mm x 74,1 mm x 7,8 mm.

Meski berukuran besar, namun masih nyaman dalam genggaman karena sangat ringan, hanya 157g untuk S10 dan 175g untuk S10 Plus. Kenyamanan desain bodi ponsel ini juga ditunjang dengan layar lengkung di kanan dan kiri. Tetapi sisi lengkung hanya dapat dirasakan pada S10 dan S10 Plus karena S10e hanya layar datar.

Badan ponsel yang terlihat mengkilap ini berkat finishing glossy yang membalut keseluruhan badan terutama bagian belakang. Meski menambah unsur mewah, tetapi berhati-hatilah karena efeknya jadi terasa licin.

spesifikasi samsung s10

Hanya terdapat tiga tombol yang melekat: volume dan Bixby di sebelah kiri dan tombol power sebelah kanan. Di sisi kiri atas Anda bisa menemukan slot untuk 2 SIM card dan microSD. Untuk port USB tipe C, speaker, dan audio jack ada di bagian bawah.

Seperti layaknya Google Assistant dan Siri Bixby adalah asisten virtual yang bisa kita temukan dalam ponsel Samsung. Jadi apabila Anda ingin menghapus notifikasi, memutar lagu, atau mengunduh aplikasi, tombol ini akan sangat membantu.

Sistem pemindai sidik jari

Ini juga yang menjadi salah satu keunggulan Galaxy S10. Apabila mayoritas ponsel lainnya menempatkan sensor sidik jari di samping, belakang, atau tombol utama bagian depan, kini Galaxy S10 dan S10 Plus menempatkannya di dalam layar (in-display finger print sensor). Berbeda dengan Galaxy S10e yang masih menaruh sensor di bagian kanan.

Respons sensor ini terbilang sangat baik karena cepat dan responsif. Sangat menunjang bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan ponsel yang merespon segalanya dengan cepat.

Kamera depan dan belakang

Kalau Anda pencinta selfie dan selalu menangkap momen apapun yang berharga, spesifikasi Samsung Galaxy S10 yang satu ini pasti akan membuat Anda kagum. Ya, apalagi kalau bukan kamera! Untuk Galaxy S10 dan S10 Plus, ada tiga kamera di bagian belakang dengan resolusi 12 MP, 12 MP, dan 16 MP.

Mungkin Anda bertanya-tanya “untuk apa ada tiga kamera?”. Meskipun dua diantaranya memiliki resolusi yang sama, tetapi bukan berarti fungsing sama. Begini fungsi triple camera tersebut:

  • Telephoto : resolusi 12 MP dan sudut pandang 45 derajat. Gunakan kamera ini untuk mengambil gambar yang jaraknya jauh namun ingin terhindar dari distorsi berlebihan.
  • Wide-angle: resolusi 12 MP dan sudut pandang 77 derajat. Karena jangkauan sudut pandang yang jauh lebih lebar dari telephoto, kamera ini baik untuk digunakan dalam tampilan landscape. Apabila ingin memotret objek spesifik dari jarak dekat, kamera ini dapat menampilkan detail unik
  • Ultra wide : resolusi 16 MP dan sudut pandang 123 derajat. Sama seperti wide-angle namun sudut pandang yang bisa dijangkau lebih luas lagi. Karena memiliki sudut pandang yang sangat luas, semua objek dapat terekam dalam frame

Apa yang unik dari penampang sensor kamera selfie dengan desain baru ini. Sensor itu terletak seperti “mengambang” di bagian atas layar. Kalau kita melihat sepintas, mungkin akan berpikir ada cacat karena bentuknya mirip lubang.

Selfie tidak pernah menjadi sebaik ini berkat resolusi 10 MP dan 8 MP di kamera depan RGB depth dengan 2PD AF, f/1,9 80 derajat. Fitur apa saja yang bisa kita dapatkan dari kamera depan?

Ada Artistic Live Focus, AR Emoji, Smart Composition, Scene Optimizer, HD 10+ playback, dan Super Slow mo. Kalau Anda suka membuat video 4K dengan efek slow mo, ponsel ini sangat cocok untuk Anda.

Pengaturan efek ini bisa kita sesuaikan intensitasnya baik sebelum atau sesudah pengambilan gambar. Sudah mengatur suatu efek namun tiba-tiba berubah pikiran? Anda bisa langsung beralih ke efek lain yang diinginkan.

Teknologi kecerdasan buatan juga telah diterapkan oleh kamera ini. salah satu fungsinya adalah untuk memperbaiki hasil foto. Penggunaan AI juga bisa mendeteksi hingga 30 scene, seperti: pakaian, lanskap pemandangan, minuman, kerumunan orang, dan kucing.

Fitur shot suggestionakan membantu Anda untuk menentukan titik fokus pengambilan gambar. Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, maka akan secara otomatis muncul begitu kamera mengarah ke objek spesifik.

Performa

Performa yang maksimal membuat ponsel ini layak diberi gelar produk flagship. Tidak terdeteksi ada lag atau eror meskipun banyak aplikasi dibuka secara bersamaan di latar belakang. Penggemar game berat? Ponsel ini sempurna karena motionyang ditampilkan sangat lancar. Kemampuan tampilan grafisnya juga mampu memanjakan mata.

Galaxy S10 masih konsisten dengan chipset andalan Samsung. Ada dua versi yang ditawarkan, dan perbedaan ini berdasarkan persebaran negara yang menjual ponsel ini. Snapdragron 855 untuk dijual di Amerika Serikat dan Exynos 9820 untuk negara lainnya termasuk Indonesia. Octa-core processor 2,8/2,7 GHz. 2,4/2,3 GHz, 1,7/1,9 GHz.

Sistem operasi yang digunakan Samsung OneUI berbasis Android 9 Pie.

Kapasitas baterai

Banyak pengguna ponsel pintar yang mengeluhkan kapasitas baterai yang cenderung kecil. Akibatnya, memerlukan charge hingga beberapa kali sehari terutama apabila digunakan dalam intensitas tinggi baik untuk mendukung pekerjaan atau sekadar bermain game.

Untungnya, hal itu tidak terjadi lagi pada Galaxy S10. Kapasitasnya yang mencapai 4.100 mAH ini menjadikan fitur Wireless Power Share sangat bermanfaat.

Apa itu Wireless Power Share? Teknologi ini memungkinkan Galaxy S10 untuk berbagai daya baterai dengan ponsel lain, syaratnya perangkat tersebut telah dilengkapi wireless charging. Selama baterai masih di atas 30%, maka fitur ini dapat digunakan.

Secara keseluruhan, spesifikasi Samsung Galaxy S10 ini sungguh sangat menakjubkan dan pantas disebut sebagai ponsel Android terbaik saat ini. meski memang harus diakui, tak ada fitur yang benar-benar baru karena semua sudah pernah muncul di ponsel tipe dan seri lain.

Harga yang dibandrol pun bervariasi, tergantung dari tipenya. Untuk Galaxy S10e 6GB/128GB berkisar 10 jutaan, S10 8GB/128GB 12 jutaan, dan S10 Plus yang tertinggi 12GB/1TB 23 jutaan.

Tags: