Cara install windows 7 dengan flashdisk

Panduan Lengkap Cara install Windows 7 Menggunakan Flash DiskDi tahun 2020 ini, menggunakan windows 7 dikatakan ketinggalan jaman karena sudah ada beberapa sistem operasi yang dianggap lebih up to date ataupun lebih canggih. Meskipun begitu, masih banyak yang menggunakan windows 7 karena berbagai macam alasan. Salah satu penyebab windows 7 yang dirilis 9 tahun lalu ini masih sering dipakai adalah karena sistem operasi ini dianggap paling ringan di antara sistem operasi lainnya.

Jika dibandingkan dengan windows 8.1 ataupun windows 10, windows 7 memang lebih ringan tetapi celah keamanannya cukup besar, dan di 2020 mendatang, para pengguna akan dipaksa mengupdate sistem operasinya bila keamanan ingin tetap terjamin karena update akan dihentikan. Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin merasakan operasi komputer yang lebih lancar dan ringan, memang tidak suka dengan update yang tidak ada habisnya dan tidak terlalu peduli dengan keamanan, Anda dapat melanjutkan menggunakan Windows 7.

Di kesempatan ini, kami akan memberikan arahan cara install windows 10 dengan flashdisk. Instalasi sistem operasi ini sebenarnya tidak sulit, terutama jika Anda menginstall sistem operasi windows 7 ultimate 32 ataupun 62-bit yang merupakan windows 7 terupdate. Untuk menginstall ini Anda tidak perlu datang ke toko komputer ataupun jasa servis karena pemasangannya sebenarnya sangat mudah, dan dapat Anda coba sendiri. Yuk, kita mulai saja tutorial kali ini!

Cara install windows 7 melalui flashdisk

Buat flashdisk bootable windows 7

  1. Untuk melakukan penginstallan tentu diperlukan flashdisk, Anda harus membuat flashdisk bootable windows 7 yang nantinya akan menjadi media instalasi pada computer Anda. Untuk membuatnya Anda memerlukan software rufus.
  2. Buka software rufus tersebut, pada kolom device masukan drive flashdisk yang ingin Anda buat menjadi media instalasi.
  3. Pada bagian partion scheme and target system type, pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI computers
  4. Pada bagian file system pilih NTFS
  5. Cluster size tetapkan default
  6. Centang bagian quick format, create a bootable disk using, dan create extended label and icon files
  7. Jika Anda sudah menyeting sesuai dengan yang kami arahkan, Anda dapat klik icon CD Yang dapat Anda temukan sebelah ISO image.
  8. Anda dapat memilih file ISO sistem operasi windowsSeven sesuai dengan yang akan Anda install
  9. Anda dapat klik start kemudian tunggu sampai proses bootable yang berjalan selesai

Jika proses bootable selesai, Anda dapat melanjutkan proses Cara install Windows 7:

  1. Setelah proses bootable selesai, Anda dapat menyalakan PC ataupun laptop yang ingin diinstall windows 7
  2. Saat memasuki booting, tekan menu yang akan mengarahkan ke boot menu, biasanya Anda diharuskan klik F10 jika ingin masuk ke bagian boot menu, tetapi yang harus Anda perhatikan disini setiap BIOS memiliki konfigurasi tombol yang berbeda untuk masuk ke bagian boot menu.
  3. Jika Anda sudah memasuki boot menu, Anda dapat menemukan opsi removable drive atau mass storage devices.
  4. Anda harus ingat pada saat proses ini, jangan melepas USB karena akan membuat proses penginstalan terhambat. Booting akan berjalan melalui flashdisk, Anda dapat memencet tombol apapun pada keyboard jika ada gambar dibawah ini
  5. Anda akan diarahkan ke proses instalasi windows 7, yang berarti proses intalasi sudah akan dimulai
  6. Saat proses instalasi sudah selesai, akan muncul sebuah tab baru yang bertuliskan install windows, Anda dapat mengarahkan bahasa, waktu, dan keyboard input sesuai dengan preferensi Anda, klik next.
  7. Kemudian akan ada tombol install now, Anda dapat klik tombol tersebut
  8. Saat muncul tab baru, Anda dapat klik pada bagian I accept the license term, klik next
  9. jika Anda menggunakan windows xp sebelumnya dan ingin menjadikannya windows 7, klik bagian upgrade, dan jika Anda ingin menginstall windows 7 secara langsung dapat klik bagian custom (advanced)
  10. pilih partisi yang ingin kamu lakukan instalasi windows 7 ( jika Anda ingin menginstall windows 7 hanya pada 1 partisi, Anda dapat memecah partisi dengan drive options), Anda dapat melakukan instalasi windows 7 pada partisi yang diinginkan, dan tekan next
  11. proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai proses instalasi windows 7 selesai.
  12. Computer akan restart kembali saat proses instalasi selesai, dan Anda akan diberi perintah untuk mengisi nama dan nama computer, Anda dapat klik next
  13. Bagian selanjutnya Anda akan diarahkan pada pengisian password, ini opsi tersendiri apakah Anda ingin computer yang digunakan menggunakan password atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan password dan menjaga privasi terjaga, Anda dapat memasukan password, konfirmasi password, dan password hint sebagai antisipasi jika Anda lupa, klik next
  14. Anda dapat memasukan product key sesuai dengan yang tertera pada wadah DVD, klik next
  15. Anda akan diarahkan ke bagian windows update, jika Anda memang tidak menginginkan update secara berkala Anda dapat memilih ask me later, jika Anda ingin update yang penting-penting saja Anda dapat memilih opsi install important updates only, dan jika Anda ingin update berkala dapat memilih opsi use recommended settings.
  16. Atur settingan jam dan tanggal dan time zone sesuai dengan lokasi Anda
  17. Jika Anda memang terhubung dengan koneksi internet atau WIFI, aka nada permintaan untuk mengatur koneksi tersebut sebagai public, work, ataupun home. Pilih settingan yang sesuai dengan Anda, dan tunggu sampai proses pengaturan selesai
  18. Kemudian aka nada tulisan welcome, dan Anda akan diarahkan ke home windows 7 yang berarti proses install Windows 7 selesai.

Yang harus diperhatikan bagi Anda yang belum memasukan kode product key ataupun belum mengaktifkan windows 7, hal ini akan menyebabkan aktivasi windows 7 hanya berlaku untuk 3 atau 30 hari tergantung edisi windows 7 yang diinstall. Jika Anda belum mengaktifkan kode produk, maka tampilan wallpaper windows 7 akan berwarna hitam. Selain itu hal-hal yang harus Anda lakukan setelah install Windows 7adalah memeriksa kebutuhan driver untuk setiap hardware yang terpasang di perangkat. Beberapa pabrikan telah menyertakan CD driver yang memuat semua driver yang dibutuhkan, tetapi jika Anda gagal menemukannya, Anda bisa mengunduh driver-driver tersebut dari situs resmi merk atau di situs lain yang memang menyediakan koleksi driver.

Panduan cara install windows 7 ini memang terlihat banyak dan rumit, tetapi sebenarnya proses instalasi ini tidak memerlukan keahlian atau pengertian khusus. Anda dapat mengikuti arahan dari kami yang mudah-mudahan sudah sangat sederhana sehingga gampang dipahami.