Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk yang Baru Lahir

Bagi pecinta hewan peliharaan, kucing memang menjadi salah satu binatang yang memiliki penggemar yang sangat banyak. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kucing sendiri tidak hanya menggemaskan tetapi juga dapat menjadi teman penghilang stress. Kebanyakan dari masyarakat memang lebih suka untuk merawat kucing tanpa indukan. Itulah mengapa cara merawat anak kucing tanpa indukan memang sangat penting untuk diperhatikan.

Memilih anak kucing yang baru lahir tanpa indukan memang akan memberikan banyak kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah membuat kucing dan pemilik memiliki hubungan yang lebih dekat ketika sudah dewasa. Tidak hanya itu saja, cara ini ternyata juga akan membuat kucing lebih menurut dengan perintah yang anda miliki tersebut.

Tetapi sayangnya, untuk merawat bayi baru lahir dan tanpa indukan sekaligus ternyata tidaklah semudah apa yang ada di bayangan. Hal ini bukan tanpa alasan karena anak yang kucing yang baru lahir memang masih sangat lemah dan rentan dan membutuhkan kehangatan untuk melindungi tubuh kecil mereka tersebut.

Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Indukan

Bagi anda yang berniat untuk memelihara anak kucing baru lahir tanpa indukan, anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara merawat mereka yang benar dan tepat. Berikut ini berbagai macam hal yang harus anda siapkan dengan baik.

  1. Memberikan tempat untuk anak kucing yang nyaman

Ketika anda mengambil anak kucing baru lahir dari tempat adopsi hewan peliharaan ataupun menemukan di jalanan, maka hal pertama kali yang harus disiapkan adalah tempat untuk bernaung. Perlu diingat, apabila anak kucing yang kehilangan induknya maka secara otomatis memang akan kehilangan pelukan bukan?

Inilah mengapa anda wajib untuk menyiapkan kandang yang nyaman. Selain itu, pastikan apabila kandang berada di ruangan yang hangat dengan suhu yang tidak terlalu panas maupun dingin. Untuk menghangatkan tubuhnya yang kecil tersebut, maka anda juga bisa menambahkan selimut maupun kain bekas untuk mereka.

  1. Jangan lupa untuk menyediakan litter box

Adapun cara merawat anak kucing tanpa indukan yang berikutnya adalah jangan sampai lupa untuk menyediakan litter box. Litter box ini sendiri berisi pasir dimana dapat berfungsi sebagai tempat untuk pembuangan kotoran hewan anda tersebut. Untuk pasirnya, anda disarankan untuk membeli pasir wangi atau jenis pasir yang bersih lainnya di petshop.

Walaupun biaya untuk membeli pasir kucing terbilang relative mahal, tetapi anda bisa mengakalinya dengan selalu rutin mencuci pasir setelah digunakan. Dengan cara inilah maka tidak ada bakteri-bakteri yang menempel didalamnya.

Cara merawat anak kucing tanpa indukan
Cara merawat anak kucing tanpa indukan
  1. Memberikan kotoran telinga maupun mata kucing

Karena tidak memiliki induk, maka anda lah yang harus berperan sebagai pengganti dari induk tersebut yakni dengan rutin membersihkan kotoran telinga maupun mata kucing. Hal ini untuk menjaga kebersihan telinga maupun mata agar tetap terjaga dengan baik.

Untuk membersihkannya, anda bisa menyediakan kapas dan air hangat terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa mencelupkannya ke dalam kapas dan usapkan secara perlahan pada mata dan telinga kucing.

  1. Sediakan susu khusus untuk anak kucing

Adapun cara merawat anak kucing yang baru lahir lainnya yang harus diperhatikan yakni dengan menyediakan susu khusus untuk anak kucing tersebut. Dengan memberikan susu inilah maka dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing tersebut. Ini juga dapat menjadi pengganti air susu dari induk anak kucing.

Tetapi, perlu diingat apabila pemberian susu ternyata juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus memberikan susu yang benar-benar untuk anak kucing. Jangan pernah mencoba memberikan susu untuk manusia kepada mereka karena akan menyebabkan adanya gangguan pencernaan.

  1. Mencoba memahami apa sajakah kebiasaan yang dilakukan oleh anak kucing

Jangan lupa juga untuk memahami apa sajakah kebiasaan anak kucing anda di rumah. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apa sajakah kebutuhan yang mereka inginkan. Cobalah mempelajari kebiasaan ketika mereka ingin buang kotoran, ketika sedang bosan ataukah ingin bermain dengan anda.

Ketika anak kucing yang anda miliki tersebut mengeluarkan suara yang lantang maka dapat menjadi tanda apabila mereka sedang lapar. Jika mereka membenturkan kepala mereka ke anda maka dapat menjadi tanda jika mereka sedang mengajak bermain.

  1. Memberikan pakan anak kucing yang tepat

Cara merawat anak kucing lainnya agar tetap sehat dan bugar adalah dengan memberikan pakan kepada mereka. Untuk pemberian pakan ini harus bergizi dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tetapi anda juga harus memperhatikan jenis pakan apa sajakah yang bisa diberikan kepada mereka.

Pakan Anak Kucing Tanpa Induk yang Terbaik

Untuk pemberian pakan anak kucing ini sendiri biasanya akan tergantung dengan usia mereka. Apabila mereka baru memasuki usia minggu pertama, maka disarankan untuk memberikan susu khusus anak kucing sebanyak 7 kali dalam sehari.

Pemberian susu tersebut dapat berlangsung mulai dari minggu pertama hingga ketiga. Pada saat memasuki minggu keempat, anda bisa memberikan susu sekaligus makanan basah untuk mereka. Anda bisa memberikan daging ikan kepada mereka untuk merangsang tubuh kembang.

Tetapi, apabila anda tidak ingin repot-repot didalam meracik sendiri makanan untuk kucing, maka anda bisa langsung membeli pakan khusus anak kucing. Saat ini, anda bisa dengan mudah menemukan pakan anak kucing baik di supermarket maupun toko khusus hewan.

Memelihara anak kucing baru lahir tanpa indukan memang bukan menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan. Itulah mengapa anda membutuhkan cara merawat anak kucing tanpa indukan baru lahir diatas agar tidak salah dalam melangkah.