cara merawat anak kucing yang baru lahir
cara merawat anak kucing yang baru lahir

Jangan Panik! Ini 8 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Posted on

Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak dimiliki orang khususnya para pecinta binatang. Tingkah serta wajahnya yang lucu membuat siapapun yang melihatnya merasa gemas, sehingga tak heran hewan yang satu ini kerap menyita perhatian banyak orang. Namun bagi kucing yang baru saja melahirkan, bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir?

Pertanyaan tersebut pasti kerap muncul di benak para pemilik kucing. Pasalnya, tak sedikit yang khawatir dan merasa takut jika anak kucing tidak dapat bertahan hidup karena perlakuan yang salah. Karena itulah simak tips merawat anak kucing baru lahir yang bisa dilakukan para cat lovers berikut ini!

  1. Siapkan Tempat dan Peralatan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan dalam merawat anak kucing baru lahir adalah mempersiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan. Anda perlu menyediakan tempat nyaman bagi anak-anak kucing, dimana kondisi tempat tersebut bersuhu hangat, tenang dan tidak banyak gangguan.

Selain tempat yang nyaman, Anda juga perlu mempersiapkan tempat tidur dan selimut hangat bagi mereka. Anda bisa memanfaatkan kardus bekas ataupun keranjang berbahan plastik sebagai tempat tidur mereka. Tak lupa alasi dengan kain tebal bekas atau selimut agar suhu tubuh anak kucing tetap hangat.

  1. Jika Tidak Ada Induk, Cari Induk Angkat

Terdapat beberapa kasus anak kucing yang lahir dan ditinggal oleh induknya ataupun induknya mati setelah melahirkan. Jika kondisi tersebut terjadi pada anak kucing Anda, ada baiknya Anda mencari induk angkat bagi mereka.

Anda bisa mencoba mencari induk angkat di peternak kucing, tempat penampungan kucing, dokter hewan, hingga kerabat Anda yang mungkin memelihara kucing betina dan bersedia untuk menyusui anak kucing Anda.

Namun meskipun induk angkat tersebut bersedia menyusui, bukan berarti ia lantas menerima dan dapat mengakrabkan diri dengan mereka. Selalu waspada apabila induk angkat tersebut sewaktu-waktu menolak lalu memakan anak kucing Anda.

cara merawat anak kucing yang baru lahir
cara merawat anak kucing yang baru lahir
  1. Biarkan Induk Kucing Melakukan Tugasnya

Apabila anak kucing tersebut masih memiliki induk, Anda tak perlu menaruh kekhawatiran berlebih dan biarkan induk kucing melakukan tugasnya. Induk kucing memiliki tugas utama untuk memberikan air susu bagi anaknya, karena air susu kucing memiliki kandungan colostrum yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh anak kucing.

Induk kucing juga bertugas untuk memandikan anak-anaknya dengan cara menjilati tubuh anak kucing, sehingga Anda sebagai pemilik tak perlu memandikan anak-anak kucing baru lahir. Selain itu, tugas lain dari induk kucing adalah menghangatkan tubuh anak kucing.

  1. Lakukan Pengawasan

Cara merawat anak kucing yang baru lahir selanjutnya adalah melakukan pengawasan ketat. Meskipun anak kucing masih memiliki induk, namun Anda sebagai pemilik kucing yang baik tentu tak ingin anak-anak kucing mati karena masalah sepele. Misalnya saja anak kucing tertindih induknya, dimakan induknya, atau induk yang tidak menyusui semua anaknya.

Karena itu setiap 2 atau 3 jam sekali lakukan pengawasan terhadap induk beserta anak-anaknya. Pastikan anak kucing dalam keadaan sehat dan induk kucing menyusui semua anaknya tanpa terkecuali.

  1. Jika Induk Enggan Menyusui Anaknya, Berikan Susu ke Anak Kucing

Meskipun induk kucing tidak mati, namun kerap ditemukan kasus induk yang enggan menyusui anak-anaknya. Karena itu Anda sebagai pemiliklah yang harus memberikan asupan nutrisi bagi anak kucing, dengan cara memberikan susu yang diformulasikan khusus untuk anak kucing baru lahir.

Baca Juga: Simak 10 Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Tanpa Induknya

Anda bisa membeli susu tersebut di petshop atau atas rekomendasi dari dokter hewan. Hindari memberi anak kucing susu formula untuk manusia, karena susu tersebut tinggi laktosa sehingga dapat mengganggu saluran pencernaan anak kucing.

Ketika memberikan susu ke anak kucing pun harus berhati-hati. Gunakan botol susu khusus anak kucing dan hindari memaksa memasukkan susu, biarkan saja anak kucing meminum dan mengaturnya sendiri.

  1. Selalu Catat Perkembangan Anak Kucing

Dari hari pertama anak kucing Anda lahir, catat perkembangan kondisi fisik anak kucing mulai dari suhu tubuh hingga berat badannya setiap minggu. Sehingga Anda bisa melakukan pemantauan apakah kondisi anak kucing Anda menurun ataukah menunjukkan adanya perkembangan.

  1. Berikan Obat Cacing

Anak kucing berusia 2 minggu sudah dapat diberikan obat cacing, sehingga Anda bisa memberikan obat cacing agar tubuh anak kucing selalu sehat dan terbebas dari infeksi parasit. Anda bisa berkonsultasi ke dokter hewan mengenai dosis pemberian obat cacing bagi anak kucing.

  1. Perkenalkan Dengan Litter Box

Sebagai pemilik kucing, Anda perlu memperkenalkan litter box kepada anak kucing apabila mereka sudah mulai buang air kecil dan besar.

Anda bisa membiarkan anak kucing memperhatikan induknya ketika menggunakan litter box, setelah itu taruh anak kucing ke dalam litter box untuk merasakan tekstur dan aroma pasir secara langsung. Perlahan-lahan anak kucing akan mengetahui dan terbiasa untuk buang air di litter box seperti yang dilakukan induknya.

Mitos atau Fakta, Menyentuh Anak Kucing Baru Lahir Dapat Menjauhkan Induk Kucing

Dokter hewan mengatakan bahwa menyentuh anak kucing baru lahir dapat mengubah dan menghilangkan bau dari anak kucing tersebut.

Respon tiap induk kucing pun beragam, ada induk kucing yang tak peduli dan tetap menyusui anaknya seperti biasa, ada yang segera memindahkan anaknya ke tempat yang menurutnya aman, ada pula yang tidak mau mendekat atau bahkan memakan anaknya.

Karena itu ada baiknya untuk tidak menyentuh anak kucing sampai mereka berusia satu minggu. Apabila Anda terpaksa menyentuh mereka, dekati dan elus induk kucing terlebih dahulu hingga induknya merasa nyaman dan terbiasa dengan bau Anda, Demikianlah cara merawat anak kucing yang baru lahir. Tak lupa berikan asupan nutrisi yang cukup bagi induk kucing yang menyusui.

Gravatar Image
Aplikasine android, blog dengan kumpulan tips, trik berita seputar aplikasi android terbaru dan terupdate.