Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Indukan Untuk Pemula, Begini Caranya

Dari sekian banyaknya binatang peliharaan, kucing memang menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sifatnya yang menggemaskan memang terkadang membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya. Hanya saja, cara merawat anak kucing ternyata berbeda dengan kucing dewasa.

Kucing memang menjadi salah satu binatang popular selain anjing. Saat ini, merawat kucing memang seakan menjadi tren yang sedang menjamur belakangan ini. Bukan hanya itu saja, cara merawat kucing ternyata juga lebih mudah dibandingkan dengan merawat anjing loh. Selain itu, kucing dapat juga dijadikan sebagai teman ketika sedang penat atau stress akibat pekerjaan.

Bahkan tidak jarang, kucing juga memiliki ikatan emosional dengan para pemiliknya terutama jika dirawat dengan baik dan penuh dengan kasih sayang. Jika anda baru pertama kali akan merawat anak kucing, anda memang harus memperhatikan berbagai macam hal mendasar untuk melakukan perawatan tersebut.

Cara Merawat Anak Kucing Dengan Benar

Untuk anda yang baru mengadopsi ataupun menemukan anak kucing tanpa indukan, memang sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara merawat anak kucing tersebut.

Hal ini, agar anak kucing tersebut dapat merasa nyaman dan aman ketika anda pelihara. Tidak perlu lama lagi, berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk memelihara anak kucing pertama kalinya.

Baca Juga:Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir, Agar Tumbuh Sehat Aktif

 

  1. Menyiapkan tempat yang nyaman

Hal paling utama yang harus anda siapkan adalah dengan menyiapkan tempat yang nyaman untuk mereka tinggal. Perlu diingat apabila anak kucing memang akan membutuhkan tempat yang aman, hangat dan nyaman. Anda juga bisa menyiapkan kandang dimana dilengkapi dengan handuk dan lampu untuk menghangatkannya.

Jika anda mempunyai anak kucing lebih dari satu, maka sebaiknya anda menyatukan anak kucing tersebut. Dengan cara inilah maka akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan hangat tanpa adanya indukan .

Cara merawat anak kucing
Cara merawat anak kucing
  1. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan anak kucing

Agar anak kucing tanpa indukan yang anda pelihara dapat bertahan, maka jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nustrisi yang mereka butuhkan tersebut. sama seperti dengan manusia, kucing sendiri ternyata memang membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan tepat.

Ana kucing dapat diberi makanan berupa makanan kucing komersial maupun bahan-bahan alami seperti daging ikan hingga daing ayam. Selain memenuhi asupan nutrisi yang seimbang, anak kucing tersebut juga harus memiliki akses air bersih sehingga dapat diminum ketika haus.

Susu sapi maupun minuman dengan kandungan gula memang tidak dianjurkan untuk diberikan karena sebagian besar mereka tidak bisa toleransi terhadap laktosa.

  1. Menyiapkan litter box

Selain menyiapkan tempat tidur, cara merawat anak kucing lainnya adalah dengan menyiapkan litterbox atau tempat untuk membuang kotoran mereka. Litterbox atau bak berisi pasir tersebut juga harus dibersihkan setiap harinya. Jika perlu, maka dapat dibersihkan setelah anak kucing buang air.

Baca Juga: ciri ciri perkutut lokal yang bagus

Hal ini dapat membantu anda untuk menjaga agar litter box tersebut tetap bersih dan tidak ada kuman maupun bakteri didalamnya. Untuk peletakan litterbox sebaiknya juga harus diperhatikan. Pastikan anda menaruhnya di tempat yang tenang dan pribadi. Dengan cara inilah maka anak kucing anda akan lebih nyaman ketika pergi buang air.

  1. Jangan lupa untuk membersihkan anak kucing secara rutin

Karena tidak adanya induk yang dapat merawat mereka, maka sebaiknya anda juga harus rajin untuk membersihkan anak kucing tersebut. untuk membersihkan anak kucing dapat menggunakan kain maupun handuk dengan baik apabila anak kucing tersebut baru beberapa hari lahir.

Sedangkan apabila anak kucing tersebut sudah beranjak dewasa, maka anda bisa memandikan mereka dengan menggunakan air. Jangan lupa untuk menggunakan shampoo dan anti bakteri khusus untuk bulu rambut kucing. Dengan cara inilah maka akan menjaga bulu anak kucing agar terhindar dari kutu maupun bakteri didalamnya.

  1. Jangan lupa untuk memberikan vaksin

Apabila anak kucing yang anda pelihara sudah cukup umur, maka jangan sampai lupa untuk memberikan mereka vaksin. Vaksin ini sendiri dapat menjaga mereka agar dapat terbebas dari berbagai macam jenis penyakit. Untuk mendapatkan vaksin tersebut, maka anda bisa langsung datang ke dokter hewan terdekat di kota anda. dengan datang ke dokter hewan inilah, maka anda juga akan mengetahui tindakan apa sajakah yang harus dilakukan selama merawat kucing.

Cara merawat anak kucing
Cara merawat anak kucing
  1. Jangan lupa mengajak anak kucing untuk bermain

Jangan sampai lupa untuk memberikan waktu untuk anak kucing tersebut bermain. Dengan bermain inilah ternyata juga akan memberikan banyak manfaat seperti mengembangkan fisik maupun emosi yang terjadi antara anda dan anak kucing. Anak-anak kucing sendiri biasanya memang sangat menyenangkan untuk diajak bermain dan memiliki rasa penasaran cukup tinggi.

Manfaat Memelihara Anak Kucing

Memelihara anak kucing ini ternyata juga akan memberikan segudang manfaat bagi anda loh, berikut ini deretan memelihara anak kucing tersebut.

  1. Dengan memelihara anak kucing ternyata dapat membantu untuk menghilangkan stress karena ketika menghabiskan waktu bersama kucing anda akan melepaskan hormone oksitosin.
  2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

    Baca Juga: Download Suara Burung Masteran

  3. Mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingkat stress dan kecemasan yang cukup tinggi.
  4. Dengan memelihara kucing ternyata juga dapat meminimalisir untuk terserang penyakit stroke.
  5. Kucing sendiri dapat menjadi teman yang terbaik dimana dapat mengatasi rasa kesepian yang anda miliki tersebut.

Memelihara anak kucing tanpa indukan memang menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Jangan sampai lupa untuk menerapkan cara merawat anak kucing diatas supaya dapat merasa nyaman dan aman bersama dengan anda.