cara merawat kucing kampung
cara merawat kucing kampung

10 Cara Merawat Kucing Kampung Supaya Tetap Sehat

Posted on

Di Indonesia, kucing kampung adalah salah satu jenis kucing yang banyak ditemui. Walaupun terdapat jenis lain yang menjadi favorit seperti ras persia dan anggora, hal ini bukan berarti kucing kampung tidak memiliki keindahan. Sebenarnya semua jenis kucing tetap cantik jika mendapat perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara merawat kucing kampung agar tetap sehat dan gemuk.

Cara Merawat Kucing Kampung

  1. Tidak memberi makan nasi secara berlebihan

Kebanyakan orang memberikan makan kucing kampung dengan campuran nasi dan daging atau ikan agar mereka cepat gemuk. Namun, terlalu sering memberikan makan nasi secara berlebihan juga tidak baik untuk kucing.

Kucing tidak membutuhkan terlalu banyak karbohidrat untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, memberikan karbohidrat terlalu banyak tidak baik karena bisa menyebabkan mereka kelebihan gula.

  1. Memberikan makanan dengan tepat

Lalu, apa sebaiknya makanan yang cocok untuk kucing kampung? Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi kucing tersebut.Kucing dalam kondisi hamil atau anak kucing memerlukan protein lebih tinggi dari biasanya guna menunjang pertumbuhannya. Pemberian makanan pada kucing dengan kondisi tertentu juga membuat berat badan kucing menjadi lebih terjaga.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir, Agar Tumbuh Sehat Aktif

Untuk porsi, memberikan makanan kepada kucing sebaiknya disesuaikan dengan berat badan mereka. Semakin bertambah berat badan dan juga usia mereka, maka berbeda pula kebutuhan makanannya. Satu hal yang perlu diingat, semakin bertambahnya usia mereka, sebaiknya kurangi frekuensi pemberian makan.

  1. Memberikan vitamin

Daya tahan kucing kampung memang sedikit lebih baik dibandingkan jenis anggora atau persia. Akan tetapi, bukan berarti mereka tidak membutuhkan vitamin.

Vitamin adalah nutrisi yang sangat baik untuk kucing, baik itu untuk menjaga daya tahan, menambah nafsu makan, atau membuat bulu menjadi lebih sehat. Anda bisa memberikan makanan yang dicampur dengan minyak ikan atau langsung memberikan minyak ikan tersebut.

cara merawat kucing kampung
cara merawat kucing kampung
  1. Memberikan susu

Selain memberikan vitamin, ada baiknya jika Anda juga memberikan susu khusus untuk kucing. Susu ini bisa menjadi nutrisi tambahan karena tinggi protein.

Kucing dalam kondisi hamil, menyusui, atau anakan kucing adalah yang membutuhkan susu ini. Mengenai harga Anda tidak perlu khawatir karena susu kucing ini sudah banyak tersedia di berbagai pet shop dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Memberikan obat cacing

Salah satu penyakit yang kerap dialami oleh kucing kampung adalah cacingan. Saat kucing mengalami cacingan, sebagian besar nutrisi akan diambil oleh cacing tersebut dan mengakibatkan kucing menjadi kurus.

Obat cacing bisa Anda berikan secara rutin selama 3 bulan sekali. Ada berbagai bentuk obat cacing yang biasa dijual di pasaran, yakni bentuk drop dan tablet. Pastikan pemberian obat cacing ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

  1. Sering mengajak bermain

Selain melatih kucing untuk aktif bergerak, mengajak bermain kucing juga bisa membuat mood mereka menjadi lebih baik. Mood yang baik akan mempengaruhi kesehatan dan nafsu makan mereka.

Cara ini juga akan melatih kedekatan Anda dengan kucing. Kesalahan yang kerap terjadi oleh para pemilik kucing adalah sekadar memberikan makan dan obat tanpa melakukan bonding dengan mereka.

  1. Memberikan vaksin

Memberikan vaksin adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para pemilik kucing agar mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit. Vaksin bisa mulai diberikan ketika kucing sudah memasuki usia 6 minggu.

Di usia ini, daya tahan kucing bisa dibilang masih rentan sehingga membutuhkan perlindungan khusus. Dengan pemberian vaksin, kucing bisa terhindar dari beberapa penyakit mematikan seperti panleu, parainfluenza, hepatitis, rabies, dan distemper.

  1. Tidak memberikan makanan mentah

Kucing kampung memang kebanyakan lebih suka dengan makanan yang berbau amis daripada yang sudah dimasak seperti daging mentah atau ikan mentah. Walaupun begitu, sebaiknya Anda menghindari memberikan makanan mentah kepada kucing karena masih ada bakteri berbahaya yang mungkin bisa mengganggu kesehatan kucing.

Cobalah berikan makanan khusus kucing dengan selang-seling antara dry food dan wet food. Jika ingin sedikit lebih berhemat, Anda bisa mencampurkan daging atau ikan yang sudah dimasak dengan nasi dan dicampur dengan makanan kucing basah seperti Whiskas atau Royal Canin.

Namun, memberikan dry food sudah lebih dari cukup untuk memenuhi nutrisinya. Pastikan setelah makan makanan tersebut, kucing tidak menunjukkan gejala-gejala seperti susah buang air atau turun nafsu makan.

Baca Juga Yuk: Simak 10 Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Tanpa Induknya

  1. Memandikan kucing

Kucing kampung memiliki bulu yang pendek. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu memandikan mereka. Memandikan kucing berfungsi untuk menjaga kesehatan bulu, menghilangkan kutu, dan membersihkan badan dari berbagai kotoran. Setidaknya, mandikan kucing kampung secara rutin minimal dua minggu sekali.

Anda bisa memandikan sendiri atau membawa ke pet shop yang menyediakan layanan grooming. Untuk grooming lengkap, biasanya Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar 40-50 ribu rupiah saja. Jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam memandikan kucing, Anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan shampoo khusus kucing.

  1. Memberikan minuman higienis

Tidak hanya makanan, kucing juga membutuhkan minuman yang higienis. Dalam beberapa kondisi, mungkin kucing kampung akan lebih sering minum di sembarang tempat seperti genangan air di jalanan, kolam, ember penampung air hujan, dan sebagainya.

Air di tempat tersebut mungkin mengandung bakteri yang bisa menimbulkan infeksi saluran pencernaan. Oleh sebab itu, berikan air matang atau air mineral yang sudah terbukti aman.

Itulah 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kucing jenis kampung. Dengan perawatan tersebut, kucing akan menjadi lebih sehat dan mempunyai umur lebih panjang. Selain itu, chemistry Anda dengan mereka akan terbentuk.

Gravatar Image
Aplikasine android, blog dengan kumpulan tips, trik berita seputar aplikasi android terbaru dan terupdate.