charger handphone
charger handphone

Bagaimana Sih Cara Menghindari Charger Handphone Cepat Rusak

Posted on

Gadget apapun, termasuk HP, pastinya untuk mengisi daya baterai diharuskan menggunakan charger. Memang kebutuhan akan charger handphone sudah semakin meningkat mengikuti semakin tingginya permintaan smartphone di dunia. Bagi mereka yang sering beraktivitas menggunakan HP-nya, pastinya selalu siap sedia charger wajib berada di dalam tas mereka.

Tapi, tidak jarang pula pemilik salah dalam penggunaan charger handphone, sehingga dalam waktu yang sebentar saja sudah rusak. Sebagian orang pasti akan merasa malas harus membelinya lagi karena harga barang aslinya saja sudah cukup mahal.Karena itu, untuk menghindari charger handphone dari kerusakan yang diakibatkan oleh kita sendiri, ada baiknya kalau Anda mengikuti tips-tips di bawah ini.

  1. Gunakan yang original

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lebih baik gunakan charger smartphone dari merek originalnya langsung. Tentu hal ini membuat smartphone Anda lebih aman dan terjamin dalam pengisian daya baterai. Sebenarnya tidak masalah kalau Anda memang ingin menggunakan charger cadangan yang bukan dari merek originalnya.

Tapi, cukup memungkinkan bisa mengakibatkan charger cepat rusak dan tidak awet. Produsen pastinya sudah mengetahui standar khusus dalam membuat charger handphone, sehingga kualitasnya lebih aman. Meski harga yang tidak original lebih murah, ada baiknya kalau Anda menggunakan yang original saja.

charger handphone
charger handphone
  1. Jangan meninggalkannya di stop kontak

Ketika kita sedang bermalas-malasan di sofa atau tempat tidur yang dekat dengan stop kontak, tidak jarang kita hanya menyolokan kabelnya saja tanpa melakukan pengisian baterainya. Kita baru menyoloknya jika baterai sudah habis dan mencabutnya begitu saja tanpa melepas chargernya dari stop kontak.

Hal tersebut tentu saja bisa memudahkan charger handphone cepat rusak. Selain itu, listrik yang tidak terpakai pun akan terbuang sia-sia. Kenapa begitu? Saat Anda menyolokan charger ke stop kontak tanpa menyambungkannya ke smartphone, aliran listrik akan tetap terus berjalan. Listrik yang tidak dialirkan ke suatu media pastinya membuatnya semakin boros. Tidak heran kalau tunggakan listrik cepat naik, bukan?

  1. Jangan menggulung kabel sembarangan

Ketika kita ingin membawa chargernya untuk berpergian, tidak sedikit orang menggulungnya secara sembarangan. Terkadang pula ada yang sampai kabelnya berbelit-belit. Kebiasaan tersebut tentu membuat tembaga yang ada di dalamnya akan mudah patah.

Baca Juga: Best 7: Aplikasi Sadap Android Terbaik dan Terbukti

Jika tembaganya sudah patah, nantinya akan mengakibatkan kabel cepat rusak dan sulit tersambung dengan smartphone Anda. Selain itu, menggulung kabelnya sembarangan membuat isi tas terkesan berantakan. Lebih baik Anda mempunyai tas pouch kecil untuk menyimpan charger handphone secara khusus. Dengan begitu, perlengkapan smartphone Anda akan lebih tersimpan dengan baik dan rapi.

  1. Pakai yang sesuai dengan tipe smartphone Anda

Hal sepele tapi cukup sering menjadi alasan pengisi daya cepat rusak ada menggunakan charger yang tidak sesuai dengan tipe smartphone masing-masing. Ketika ada teman yang kesulitan mencari charger, tidak jarang kita langsung meminjamkannya. Padahal kebiasaan yang buruk ini akan mempercepat pengisi dayanya berkurang kualitasnya.Selain merusak charger, penggunaan yang tidak sesuai ini juga akan membuat baterai smartphone cepat rusak.

charger handphone
charger handphone
  1. Simpan di tempat aman

Salah satu cara yang paling mudah supaya charger tidak cepat rusak adalah menyimpannya di tempat yang aman. Terkadang kita sembarangan meletakannya di mana saja, seperti di lantai dan sebagainya. Kalau dibiarkan saja, secara tidak sengaja bisa saja terinjak, terjatuh, ataupun terkena air.Daripada charger Anda rusak karena masalah sepele seperti itu, ada baiknya disimpan ke tempat yang aman saja, apalagi jauhkan dari jangkauan anak-anak. Letakan saja di dalam lemari atau laci.

Dengan mengetahui cara merawat charger handphone seperti di atas, tentu nantinya pengisi daya Anda akan lebih awet dan tahan lama penggunaannya. Dibandingkan Anda membelinya baru lagi, harganya belum tentu masuk di dalam budget Anda, bukan?

Summary
Review Date
Reviewed Item
5 Cara Merawat Charger hp yang Bagus dan Terbaik
Author Rating
51star1star1star1star1star
Gravatar Image
Aplikasine android, blog dengan kumpulan tips, trik berita seputar aplikasi android terbaru dan terupdate.