Ciri ciri merpati balap dasar yang bagus

ciri ciri merpati balap dasar yang bagus Memilih burung yang berkualitas, baik dan bagus tentunya berpegang erat pada ciri-ciri fisik sebagai acuan dalam pemilihannya. Sama seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang ciri-ciri burung merpati balap berkualitas. Ada bentuk ideal dari fisik burung merpati balap yang harus Anda perhatikan saat memilih, sebelum membelinya. Jadi ketahuilah bentuk dari fisik burung merpati balap berkualitas ini, karena akan berpengaruh besar dalam keberhasilan Anda mengikuti perlombaan nantinya. Namun untuk bisa jika Anda memilih mencari burung merpati lomba dari anakan, maka Anda harus bersiap melatihnya terlebih dahulu agar menghasilkan kualitas burung merpati yang baik dan siap untuk mengikuti perlombaan besar. Perlu Anda garis bawahi pemilihan indukan dari burung merpati balap berkualitas, akan sangat berpengaruh besar untuk hasil keturunan yang akan keluar nantinya.

Dengan kita mengetahui asal usul indukan tersebut, maka kita akan menghasilkan kualitas keturunan yang berkualitas dari burung merpati balap. Jadi kesimpulannya adalah faktor dari genetic burung merpati balap sangat berpengaruh besar untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas juga. Dilihat dari fisiknya burung merpati balap memiliki kualitas yang berbeda pada umumnya dan ditandai dengan ciri-ciri khusus yang akan kami jelaskan di bawah ini. Meskipun ini bisa dikatakan tidak sesuai dengan pendapat orang lain, namun berdasarkan dari pengalaman dalam memilih burung merpati balap ini semoga dapat memudahkan Anda untuk mencari burung merpati calon juara. Nah berikut ini adalah ciri-ciri burung merpati balap berkualitas yang dapat kami jelaskan untuk Anda di sini.

Ciri-ciri burung merpati balap berkualitas

  1. Bentuk Leher

Lihatlah bentuk dan juga ukuran leher burung merpati, karena sangat pengaruhi kelincahannya selama terbang. Anda dapat memilih leher yang panjang sedang, dan saat Anda pegang atau sentuh terasa kuat. Sebaiknya jangan memilih leher panjang, karena burung merpati ini saat terbang aka sering menengok ke kanan, ke kiri dan itu akan kurang fokus.

  1. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh burung merpati balap harus ideal, dengan kata lain adalah tidak terlihat gemuk dan tidak trlihat kurus. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung performa burung saat terbang nantinya. Hal ini juga yang akan membuat burung merpati balap dapat terbang sangat cepat, sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Carilah bentuk tubuh dari burung merpati balap yang streamline, hal ini untuk memungkinkan burung tersebut terbang dengan lincah dan juga akan bebas dari hambatan.

  1. Bentuk Sayap

Anda harus tahu untuk burung merpati balap berkualitas harus memiliki sayap yang cukup panjang. Perhatikan pada posisi saat burung melipat sayapnya, disana akan terlihat panjang sayap yang sama dengan ujung ekornya. Namun jika tidak mendapatkannya, Anda dapat mencari yang panjang sayap tidak terlalu jauh dari posisi ujung ekor burung. Bulu sayap juga harus tebal dan akan terasa halus jika dipegang, serta lentur. Pada bagian ujung sayapnya pilih yang meruncing, tulang bulunya keras, dan bulunya kering namun terdapat lapisan lilin yang tidak rusak. Perhatikan juga otot lengan sayapnya tebal dan tampak lentur / kenyal. Dengan Anda bisa memilih sayap sepert ini, maka akan sangat mendukung kecepatan burung merpati balap diwaktu terbang.

  1. Bentuk Dada dan Badan Tegap

Ketahuilah bahwa pada burung merpati balap berkualitas mempunyai badan yang tegap dan juga terlihat gagah. Dengan memilih burung merpati jantan yang gagah akan dapat menarik pasangannya dan ini juga menjadi favorit bagi para penghobi burung merpati balap. Jika Anda dapat memilih bentuk badan yang tegap, maka akan sangat berpengaruh pada kelincahan dan kecepatan terbangnya. Hal inilah yang akan menghasilkan burung merpati balap menjadi berkualitas. Sehingga kita akan dengan mudah meneruskan program pelatihan burung merpati balap ke tahap yang lebih.

  1. Bentuk Hidung

Hidung burung merpati balap berkualitas yang baik yaitu panjang, besar,dan menggembung namun bukan turunan prambon. Untuk hidung merpati yang bentuknya seperti ini jika pada warna kapur pekat, serta pangkal hidung bawah menjorok kebelakang bisa dikatakan merupakan merpati unggul, namun ada juga ciri lainya.

  1. Bentuk Paruh

Jika Anda inginkan burung merpati balap berkualitas, maka pilihlah paruh dengan ukuran kecil atau bisa juga ukuran sedang dan pastinya tidak yang terlalu panjang. Jika Anda kesulitan menggambarkannya maka lihatlah pada paruh burung puter namun lebih pendek sedekit.

  1. Bentuk Mata

Anda dapat pilih ciri ciri burung perkutut lomba berkualitas yang memiliki mata tajam,kecil, dan memiliki mata pupil bulat kecil hitam legam yang tidak pecah. Perhatikan juga pada warna mata diluar pupil, itu harus bersih dan juga terang. Lihatlah disana apakah ada warna kuning atau ada kuning campur merah atau minimal 3 warna didalamnya. Dapat dikatakan bahwa burung merpati ini memilki indra yang tajam dan mental tarung kuat, namun kami sarankan tidak memilih mata yang berwarna hitam. Pupil mata hitam akan mampu untuk melakukan ZOOM (besar, kecil), berkedap-kedip karena dapat melihat jauh dan dekat. Dengan memilih pupil mata kecil penglihat dari burung merpati akan tajam jika dibandingkan pupil mata besar.

  1. Bentuk Kepala

Untuk yang terakhir ciri-ciri burung merpati lomba berkualitas adalah dengan melihat bentuk kepalanya. Pilihlah yang besar dengan bentuk batok kepala bagian depan lebih tinggi dari bagian kepala belakangnya. Karena bagi sebagian penghobi burung merpati sudah paham betul, memiliki burung merpatiĀ  dengan kepala besar jauh lebih pintar dibandingkan burung merpati kepala kecil. Mereka beranggapan bahwa jika otak lebih besar maka lebih baik dan juga pintar.