Tips memilih burung nuri berkualitas

Cara yang efektif untuk membiasakan burung dengan baik adalah mendengarkan suara burung lain. Metode ini digunakan untuk memberi suara karakter burung bernyanyi dengan suara yang lebih bervariasi dan menyenangkan. Cocok untuk burung yang tujuannya adalah untuk lomba. Anda harus melatihnya dengan rajin sehingga suara yang Anda buat akan meningkat dari waktu ke waktu. Memang, dibutuhkan kesabaran untuk mengembangkan mental juara. Tetapi ketika Anda melihat hasilnya, Anda dapat mengumpulkan prestasi dan menjualnya dengan harga yang sangat menjanjikan untuk burung kicau  Anda di pasar.

Harga burung berkicau di pasaran sangat bervariasi dan tergantung pada jenis, ukuran, kemampuan serta kekuatannya. Memilih jenis yang tepat tergantung selera memang tidak mudah, setidaknya Anda perlu memahami sifat dan keunikan kicau burung tersebut. Pada kesempatan ini kami akan bahas tips memilih burung nuri berkualitas, ada beberapa jenis burung andalan yang berada dapat Anda pilih mulai dari termurah hingga paling mahal Ada. Sebelum membuat pilihan, setidaknya pertimbangkan beberapa hal seperti kondisi fisik burung dan jangan memilih burung cacat, karena mereka dapat mempengaruhi hasil yang akan Anda dapatkan nanti. Selain itu, umur burung juga menentukan akan menentukan kualitasnya terutama untuk jenis burung kicau. Yang terakhir adalah harga sesuai kantong Anda.

Burung kicau memiliki banyak spesies, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di Indonesia, memiliki kekayaan dunia binatang dan terdapat banyak spesies burung, tersebar di seluruh negeri ini. Sudah ada sejumlah burung yang namanya masuk dalam perlombaan dan paling terkenal sampai saat ini seperti poksay, cucak Ijo, murai batu, lovebird, jalak, dan banyak lainnya. Semua tipe memiliki penggemar sendiri di sini. Biasanya, selain dijadikan hewan peliharaan, kicau burung juga kerap masuk dalam kompetisi besar yang di adakan di daerah-daerah. Jika Anda bisa menjadi juara maka harga burung kicau Anda bisa melambung tinggi.

Harga untuk burung berkicau relatif disesuaikan dengan permintaan pasar itu sendiri. Semakin banyak peminat burung yang tertarik maka semakin mahal harganya. Kebanyakan orang menghargai kualitas burung tersebut. Burung yang dapat membuat suara bulat dan bervariasi biasanya mahal. Mentalitas yang kuat juga merupakan faktor lain yang diperhitungkan, karena dapat mengubah burung menjadi pejuang yang andal dalam suatu perlombaan. Kuncinya, jika dilatih dengan benar maka dapat memancarkan berbagai suara. Untuk tambahan kami di sini akan berikan tips memilih burung nuri berkualitas yang dapat Anda simak di bawah ini.

Tips memilih burung nuri berkualitas

  1. Jenis kelamin burung parkit

Untuk memilih burung nuri yang berkualitas, Anda harus tahu jenis kelamin burung nuri tersebut. Banyak pecinta burung menawarkan untuk memilih burung nuri betina. Karena suara yang baik biasanya milik burung betina. Karena nuri betina pada umumnya memiliki kualitas suara yang sangat bagus dan lebih banyak berkicau. Namun demikian, suara burung nuri jantan juga tidak akan kalah seperti burung nuri betina.

  1. Burung nuri yang lincah dan sehat

Burung nuri yang berkualitas adalah burung nuri yang sehat seperti dapat dilihat dari keadaan fase-fase tersebut. Pada burung nuri yang sehat, fitur fasenya adalah kecil, padat, dan tidak cair. Tidak hanya melihat burung nuri yang sehat pada bulunya yang bersih namun juga harus bebas dari kotoran. Burung nuri yang sehat juga memiliki bulu yang rapi, penuh, dan bulunya tidak mengembang. Lebih baik jika Anda memilih burung nuri yang berkualitas, di antara yang memiliki gaya hidup aktif. Ini menunjukkan apakah burung nuri benar-benar sehat.

  1. Burung nuri yang tidak memiliki cacat

Burung nuri yang tidak memiliki tubuh cacat adalah jenis burung yang bisa menjadi pilihan baik. Karena itu, pastikan Anda tidak memilih burung nuri dengan kondisi rusak. Pilih juga burung nuri yang terlihat bagus dan halus.

Baca Juga: Cara memilih Merpati Balap

  1. Burung nuri dengan mental yang baik

Burung nuri yang baik secara mental memungkinkan jenis ini lebih rajin bersuara atau berkicau. Cara untuk mendeteksi mereka adalah Anda dapat mendekatkan jari telunjuk Anda ke arah sangkar. Setelah itu, perhatikan burung nuri mana yang akan bereaksi pada tangan Anda. Burung nuri dengan mental yang baik secara keseluruhan akan segera merespons ke tangan Anda, selain itu juga disertai dengan mata yang tajam.

  1. Burung nuri yang memiliki suara crecetan

Saat memilih burung nuri yang berkualitas, Anda harus memilih burung nuri yang selalu mengeluarkan suara jernih di kandang ombiokan. Ini dimungkinkan jika burung memiliki kelebihan dalam hal suara. Selain itu, secara umum burung nuri tersebut akan lebih rajin dibanding burung lain. Oleh karena itu, Anda memperhatikan hal ini sampai Anda memahami burung nuri yang sering membuat suara jelas, terutama yang dapat membuat tweet dalam nada panjang. Anda dapat menggunakan tips memilih burung nuri kualitas ini ketika Anda akan membeli di penangkaran atau dalam keadaan ombiokan.