Jenis Luka Luar pada Tubuh Harus Anda Ketahui

Saat beraktivitas, terkadang kita melakukan hal yang teledor. Hal ini mengakibatkan tubuh kita terluka karena mengalami kecelakaan kerja baik kecil maupun besar. Kecelakaan kerja ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Bisa saat kita sedang melakukan pekerjaan rumah, seperti saat memasak. Kita bisa saja tidak sengaja terluka dan membuat luka jari terpotong pisau. Atau saat tengah berjalan dan jatuh.

Peristiwa-peristiwa ini tentu tidak kita inginkan. Namun, ada kalanya kita tidak bisa menghindari kecelakaan-kecelakaan ini. Bahkan tak hanya teriris pisau, kita juga bisa membuat tubuh kita terluka karena sayatan, karena api, ataupun karena gesekan dengan benda kasar. Melihat dari banyaknya jenis luka yang bisa kita buat, lantas apa saja jenis luka luar pada tubuh kita?

Jenis-jenis Luka Luar pada Tubuh

Ada beberapa jenis luka luar pada tubuh yang bisa kamu dapatkan jika tidak berhati-hati. Luka-luka ini di antaranya sebagai berikut :

  1. Luka bakar

Luka bakar adalah satu di antara jenis luka yang bisa menimbulkan efek buruk. Luka bakar bisa timbul karena api, bisa juga karena barang-barang panas. Jika luka bakar masih ringan, kamu hanya perlu memberikannya obat untuk meredakan peradangan. Namun jika luka bakar terbilang parah, kamu perlu pergi ke dokter untuk segera mengobatinya.

  1. Luka sayatan

Luka sayatan bisa mirip dengan luka tusukan. Luka ini ditimbulkan akibat kulit bergesekan dengan benda tajam seperti pisau. Luka ini akan menimbulkan efek perih luar biasa. Jika tidak terlalu dalam, kamu bisa menyembuhkannya dengan cara cepat menyembuhkan luka dasar seperti pengobatan P3K. Namun jika dalam, kamu harus segera membawanya ke dokter.

  1. Luka gesekan

Luka ini biasanya disebabkan karena kulit berbenturan dengan benda yang cukup kasar. Misanya saat kamu berjalan dan terjatuh di aspal. Atau bisa juga saat tangan menyentuh benda kasar dengan cepat. Pengobatan pada luka ini terbilang mudah. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan air lalu mengoleskan obat antibiotik agar tidak terkena bakteri dan kuman.

Tags: