resep salad buah dan sayur untuk ibu hamil

Salad merupakan salah satu makanan yang sehat dan sangat populer di kalangan pecinta menu-menu sehat tanpa adanya campuran bahan perasa lainnya. Biasanya, salad disajikan untuk pembuka makanan berat. Tapi tidak jarang orang lebih memilih langsung mengkonsumsinya sebagai pengganti makanan berat.

Untuk orang-orang yang sedang diet, salah memang menjadi solusi yang paling cocok, karena terkandung serat-serat yang lebih sehat dibandingkan mengkonsumsi nasi. Isiannya pun juga bervariasi, tergantung dari kesukaan masing-masing orang, baik itu yang isinya buah ataupun sayur-sayuran.

Salad sayur termasuk salad yang sangat populer di masyarakat. Tidak heran kalau sudah banyak resto atau usaha kuliner menyajikan menu makanan ini sebagai pembukanya. Tapi, ada pula yang mengkonsumsinya sebagai teman cemilan yang sehat.Supaya salad sayur yang dibuat enak dan tentunya segar saat disantap, lebih baik Anda ikuti tips-tips berikut ini.

  1. Potong sayur berukuran kecil

Supaya lebih mudah saat memakannya, lebih baik Anda potong sayur-sayurnya dengan ukuran yang kecil saja. Hal tersebut tentu membuat Anda tidak akan kesulitan mengunyahnya, apalagi jika memang diberikan untuk anak-anak.Jangan lupa gunakan pisau agar lebih rapi memotongnya. Tapi tidak ada salahnya juga kalau Anda memang ingin menyobeknya saja menggunakan tangan.

salad sayur
salad sayur
  1. Simpan sayurannya setelah dipotong

Sayuran yang sudah keluar dari kulkas pastinya akan lebih cepat mengering, sehingga akan tampak tidak segar lagi. Maka dari itulah, kalau Anda tidak langsung mengkonsumsinya, lebih baik simpan saja terlebih dahulu ke dalam kulkas. Tapi ingat, jangan diberikan dressing apapun supaya tidak lembek.

Dengan menyimpannya terlebih dahulu, teksturnya pun akan tetap segar dan renyah. Tapi kalau ingin lebih aman lagi, simpanlah secara tertutup menggunakan plastik zipper dan masukkan ke dalam lemari es. Di jamin, Anda tetap akan mendapatkan kerenyahannya saat memakannya nanti.

Baca Juga
cara install windows 10

  1. Tambahkan cita rasanya

Terkadang kita merasa bosan dengan rasa sayur yang itu-itu saja. Cara lainnya yaitu dengan menambahkan cita rasa yang lain ke dalamnya. Tapi jangan memasukkan sembarang bahan lain ke dalamnya, karena akan membuatnya semakin tidak enak.

Tambahkan saja buah yang rasanya sedikit asam, seperti apel atau pir. Kalau tidak ingin menambahkan buah, bisa saja Anda masukkan kacang yang sudah sempat di masak oven, seperti almond atau walnut. Dengan begitu rasa yang didapat akan lebih berbeda. Anda yang menyantapnya pun juga akan merasakan sensasi yang renyah di dalam salad sayur Anda buat.

salad sayur
salad sayur
  1. Jangan terlalu banyak menambahkan dressing

Pelengkap yang paling pas untuk menambahkan rasa pada salad sayur adalah memasukan dressing atau saus ke dalamnya. Biasanya salad disajikan dengan saus mayo supaya menguatkan rasa asam yang menyegarkan. Tapi tidak sedikit orang juga yang memakai dressing yang lebih cair untuk menciptakan rasa asam yang cukup kuat.

Untuk Anda yang ingin memakai dressing, lebih baik tambahkan sedikit saja agar salad sayur tidak becek atau tenggelam. Biasanya hal yang mengakibatkan salad menjadi tenggelam karena terlalu banyak memasukkan olive oil ke dalamnya.

  1. Tambahkan bahan lain

Selain dressing, tidak ketinggalan pula menambahkan bahan lain ke dalamnya supaya rasanya tidak membosankan. Salad sayur kekinian bahkan sudah banyak yang menambahkan berbagai macam bahan, seperti corn flake, keripik kentang, atau tobiko.

Untuk anak-anak supaya menambah nilai gizinya, tambahkan saja parutan atau potongan keju ke dalamnya. Rasanya yang sedikit asin membuat nafsu makan mereka semakin meningkat.

Tags: