Tips Membeli PC Rakitan Untuk Gaming

Harga komputer terbaru |biasanya dipengaruhi oleh kapasitas komponen yang ditanamkan. Seperti semakin besar kapasitas RAM suatu komputer, harga yang ditawarkan pun akan lebih mahal dibanding komputer yang memiliki kapasitas RAM di bawahnya. Hal ini juga berlaku pada jenis komponen lainnya. Selain untuk mengerjakan tugas-tugas kantor atau tugas sekolah, komputer juga sering digunakan untuk bermain game. Komputer untuk bermain game biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi dengan teknologi terbaru agar komputer memiliki kemampuan yang tinggi pula untuk bermain game,terutama game-game berat.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Berikut Harga Oppo F11 dan F11 Pro

Sayangnya, harga komputer terbarukhusus untuk gaming dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan komponen-komponen yang ditanamkan di komputer tersebut memiliki kualitas high-end. Semua komponen yang ditanamkan memang ditujukan untuk menunjang aktivitas gaming agar lancar tanpa lemot.

Tips Membeli PC Rakitan Untuk Gaming
Tips Membeli PC Rakitan Untuk Gaming

Beberapa orang menyiasatinya dengan membeli PC rakitan. PC atau komputer rakitan adalah komputer yang komponen- komponen pendukungnya dibeli secara terpisah. Hal ini dipercaya bisa menekan biaya yang dikeluarkan daripada membeli satu paket komputer khusus gaming. Selain itu, pilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Namun memilih PC gaming rakitan tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu, simak tips membeli PC rakitan berikut ini.

1. Prosesor

Sebagai inti dari komputer, prosesor memegang peranan yang sangat vital. Ada dua jenis prosesor yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu AMD dan Intel. Untuk bermain game, prosesor minimal yang disarankan adalah Intel Core i5, Intel Core i7, atau AMD Vishera FX. Ketiga jenis prosesor ini bisa mendukung aktivitas bermain game agar lebih lancar bahkan game yang berat sekalipun.

2. VGA

VGA atau disebut graphic card merupakan salah satu komponen yang harus ada untuk komputer gaming. Komponen ini berfungsi menampilkan gambar visual di layar monitor. Semakin tinggi spesifikasi graphic card yang Anda pilih, semakin baik pula gambar yang dihasilkan. Hal ini tentunya sangat menunjang aktivitas bermain game Anda. Dalam memilih graphic card, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti merknya, core speed, kapasitas memori, memori clock speed, tipe memori, memori interface, dan lainnya.

Baca Juga: Spesifikasi Laptop Asus Vivobook 14 TP401MA yang Kekinian

3. RAM

PC gaming juga harus didukung oleh kapasitas RAM yang besar. Jika game yang Anda mainkan termasuk kategori ringan, Anda bisa menggunakan RAM minimal 2GB. Namun jika game yang Anda mainkan termasuk kelas menengah hingga berat, pilihlah RAM minimal 4GB untuk menunjang aktivitas Anda. Harga komputer terbarusedikit banyak dipengaruhi oleh kapasitas RAM. Tapi Anda bisa menambahkan kapasitas RAM yang ditanamkan di komputer yang Anda miliki jika memang dirasa kurang.

4. Hard disk

Hard disk memegang peran sebagai tempat penyimpanan dalam komputer. Untuk tujuan gaming, Anda sebaiknya memiliki hard disk dengan kapasitas minimal 500GB hingga 1 Terabyte. Namun jika Anda ingin komputer Anda memiliki kecepatan yang lebih dan budget Anda mencukupi, gunakan SSD daripada HDD. Meskipun lebih mahal, SSD memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada HDD.

Demikian empat hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli PC rakitan untuk gaming. Ketahui dulu kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk membeli. Jenis game yang Anda mainkan juga akan berpengaruh terhadap komponen yang Anda butuhkan.

Untuk membeli komputer, baik komputer rakitan maupun komputer satu set, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Informasi mengenai harga komputer terbarudan spesifikasinya lengkap bisa Anda dapatkan pula di sana. Kalau Anda tertarik mencari harga laptop Macbook terbaru , Anda juga bisa mencari dan membelinya di Bukalapak. Jangan takut tertipu karena transaksi di Bukalapak dijamin aman.

Tags: