Beli Spare Part Motor Yamaha dengan Lebih Mudah

Tukangulasan.com Masyarakat Indonesia adalah yang paling suka mengendarai sepeda motor. Bisa dilihat bagaimana suasana jalanan dari pagi hingga petang, rata-rata didominasi oleh motor dari berbagai brand ternama dunia. Salah satunya adalah motor produk Yamaha, yang sudah lama menjadi salah satu favorit masyarakat kita. Inilah mengapa, tidak begitu sulit untuk mencari spare part motor Yamaha di gerai-gerai resminya. Namun, setangguh apa pun performa mesin sebuah motor, selalu ada batas dalam pemakaiannya. Apalagi beberapa spare parts cenderung lebih sensitive dibanding bagian yang lain sehingga harus sering diganti untuk menghindari masalah.

Spare Part yang Paling Sering Diganti, Yamaha Menyediakannya

Ada beberapa spare part motor yang kerjanya sangat berat sehingga harus sering diganti. Antara lain bagian busi, lampu, ban, kampas rem, oli, bearing roda, aki, gearset serta rantai. Komponen-komponen tersebut adalah part penting yang jika tidak diganti ketika rusak, akan mengakibatkan kegagalan jalan motor Anda. Mengapa demikian? Mari kita ulik sedikit manfaat dari masing-masing part tersebut.

Pertama adalah busi. Meskipun kecil, tetapi busi berperan penting dalam hidupnya mesin motor. Fungsinya adalah untuk menjadi pemantik sehingga terjadi pembakaran pada bahan bakar. Ketika busi basah atau rusak, mesin motor tidak akan bisa menyala dan bisa dipastikan motor tersebut tidak dapat dipergunakan. Apabila Anda mampu mengganti busi sendiri, memang sebaiknya siapkan cadangannya jika dalam perjalanan yang sedikit ekstrim, seperti waktu hujan lebat atau perjalanan jauh.

Perlu juga diperhatikan supaya tidak menggunakan busi racing pada motor standar, karena akan mempengaruhi umur busi itu sendiri. Lebih baik gunakan busi keluaran pabrikan supaya performanya terjamin dan aman.

Spare Part yang Paling Sering Diganti, Yamaha Menyediakannya
Spare Part yang Paling Sering Diganti, Yamaha Menyediakannya

Selain busi, spare parts lain yang sering bermasalah adalah ban. Umur ban memang terbilang sangat pendek. Dalam setahun saja perlu beberapa ganti ban dalam dan luar untuk menjaga performa motor, sekaligus keamanan pengemudi. Masalah utama ban adalah bocor karena tertusuk sesuatu di jalan, bisa juga ban sudah tipis karena tidak pernah diganti. Ban juga jadi lebih cepat rusak jika bobot yang diangkut terlalu berat tiap harinya. Inilah mengapa perlu selalu memperhatikan kondisi ban setiap kali akan menggunakan motor.

Ada lagi yang menjadi masalah para pengendara motor, yaitu aki yang bermasalah. Aki jarang diperhatikan karena lokasinya yang tersembunyi, dan baru dicek jika sudah terjadi masalah. Padahal, aki ini berfungsi untuk menyalurkan daya supaya motor bisa hidup. Jika akinya ‘bocor’, bagaimana motor Anda bisa digunakan selain menggantinya?

Bukan hanya aki, oli juga sering diabaikan oleh pemilik motor. Oli adalah pelumas yang membuat tiap komponen pada mesin bekerja dengan baik. Oli yang rusak bahkan bisa merusak mesin itu sendiri dan mengakibatkan kerusakan beruntun pada komponen yang lain. Penting kiranya untuk rutin mengganti oli demi keamanan berkendara.

Akan tetapi, meskipun spare parts yang disebutkan tersebut adalah bagian penting untuk supaya motor bisa melaju dengan baik, tidak jarang banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan suku cadang tidak original. Padahal, produk yang tidak original akan lebih mudah rusak, dan membuat Anda harus berkali-kali menggantinya. Terlebih jika produk motor Anda dari brand Yamaha yang gerai suku cadangnya sudah banyak di Indonesia.

Apabila Anda beralasan kesulitan mencari spare part motor Yamaha di daerah asal, sekarang sudah ada banyak penjual online yang memperdagangkan suku cadang asli motor Yamaha. Bahkan Anda bisa langsung ke website resmi Yamaha di www.yamaha-motor.co.id untuk mendapatkan spare part yang benar-benar original dengan cara yang mudah dan harga asli. Apalagi ada fitur YPEC(Yamaha Part Electric Catalogue) yang memudahkan Anda dalam melakukan pencarian part number, hingga pembelian.

Tags: